home Analisis MMRCA: Ibu dari Segala Belanja Alutsista

MMRCA: Ibu dari Segala Belanja Alutsista

Oleh: Muhammad Fikri Kawakibi Huda (Mahasiswa Aeronotika dan Astronotika ITB)

Kompetisi Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA), yang juga dikenal dengan tender MRCA, adalah kompetisi untuk memasok 126 pesawat tempur multi-role ke Angkatan Udara India (IAF). Kementerian Pertahanan India telah mengalokasikan ₹ 55.000 crore (US $ 8,5 miliar) untuk pembelian pesawat ini, menjadikannya sebagai belanja pertahanan terbesar India. Tender MRCA dilontarkan dengan gagasan untuk mengisi celah antara pesawat tempur ringan dan pesawat tempur air-superiority Sukhoi Su-30MKI yang sedang beroperasi.

Peserta Tender MMRCA (Indian Defense News)
Peserta Tender MMRCA (Indian Defense News)

Tender ini diikuti enam pesawat tempur: Boeing F/A-18E/F Super Hornet, Dassault Rafale, Eurofighter Typhoon, Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon, Mikoyan MiG-35, dan Saab JAS 39 Gripen. Pada tanggal 27 April 2011, setelah melakukan evaluasi teknis yang intensif dan rinci oleh IAF, tender mengeliminasi peserta hingga tersisa dua peserta, Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale. Pada tanggal 31 Januari 2012, diumumkan bahwa Dassault Rafale memenangkan kompetisi karena biaya operasi dan perawatannya yang lebih murah. Kesepakatan itu telah dilaporkan menelan biaya 28-30 miliar dolar AS pada 2014. (Times of India, domain-b.com)

Pada tanggal 23 September 2016, Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar dan mitranya dari Prancis Jean-Yves Le Drian menandatangani kontrak untuk pembelian 36 pesawat Dasault Rafale dalam sebuah kesepakatan senilai € 7,8 miliar yang akan dikirim ke India secara berangsur-angsur selama 6 tahun, dimulai dari tahun 2019. Setelah kedatangan 36 Rafale, Prancis dan India akan merencanakan pengiriman 18 Rafale berikutnya dengan harga yang disesuaikan dengan tingkat inflasi. Kesepakatan itu mencakup senjata dan suku cadang; pesawat akan dilengkapi dengan rudal Meteor BVRAAM. (Times of India, IHS Jane Defense Weekly, BBC News)

163 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

(Visited 22 times, 1 visits today)