home Analisis, Event Survei KI 2014: Hanya 6% yang Tidak Setuju Khilafah

Survei KI 2014: Hanya 6% yang Tidak Setuju Khilafah

Pada November 2014, tim LitBang Kampus Islami melakukan jajak pendapat terhadap mahasiswa ITB yang bertemakan survei “Syari’ah & Khilafah”. Survei dilakukan ke mahasiswa dengan berbagai fakultas dan beragam angkatan. Jumlah mahasiswa yang berhasil disurvei berjumlah 310 terdiri atas laki-laki dan perempuan, juga muslim maupun non-muslim.

Hasil survei menunjukkan, dari 310 responden, sebanyak 237 orang (76 %) pernah mendengar atau tahu tentang khilafah. Sedangkan dari 237 orang tersebut, dilakukan olah data mengenai persetujuan, pengetahuan konsep, dan kemungkinan tegaknya kembali khilafah.

Dari 237 orang yang pernah mendengar atau tahu tentang khilafah, 17% menjawab sangat setuju, 54% setuju, sedangkan sisanya kurang setuju (23%) dan hanya 6% yang tidak setuju khilafah.

Mengenai pengetahuan konsep khilafah, dimana responden bisa memilih lebih dari satu opsi, mayoritas responden tahu bahwa khilafah adalah “bentuk pemerintahan Islam”. Sedangkan responden paling belum tahu bahwa khilafah adalah “janji Allah dan kabar gembira Rasul SAW”.

Tentang kemungkinan tegaknya kembali, mayoritas responden beropini bahwa khilafah mungkin tegak kembali (68,7 %). Sedangkan hanya 3,3 % yang mengatakan khilafah tidak mungkin kembali. []

 

 

 

2,534 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

(Visited 762 times, 1 visits today)